Tunjangan Kematian Keluarga Karyawan, Kisaran Berapa Juta? 2018

Tunjangan Kematian Keluarga Karyawan – BPJS ketenagakerjaan adalah sebuah badan hukum yang memberikan tunjangan kematian keluarga karyawan bagi yang mengikuti kepesertaan BPJS ketenagakerjaan.

Biasanya masyarakat yang mendapatkan jaminan BPJS ketenagakerjaan adalah mereka yang bekerja di sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan BPJS ketenagakerjaan.

Hampir semua perusahaan di Indonesia sudah bekerja sama dengan pihak BPJS ketenagakerjaan sehingga karyawannya mendapatkan jaminan yang layak. Jenis jaminan yang bisa dimanfaatkan adalah, jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun dan jaminan kematian.

Advertisements

Bagi karyawan yang meninggal dunia maka pihak keluarganya akan mendapatkan santunan dari pihak BPJS ketenagakerjaan sesuai dengan peraturannya.

Untuk informasi berapa kisaran tunjangan yang diberikan disesuaikan sesuai dengan peraturannya.

Kisaran Tunjangan Kematian Keluarga Karyawan

Perlu Anda ketahui bahwa keluarga dari peserta BPJS ketenagakerjaan akan mendapatkan tunjangan. Tunjangan yang diberikan adalah tunjangan kematian keluarga karyawan.

Tunjangan yang diberikan kepada keluarga akan didapatkan setelah mengajukan kepada pihak BPJS ketenagakerjaan setelah melengkapi persyaratannya.

Ada sejumlah dokumen-dokumen persyaratan yang dibawa ketika pihak keluarga yang bersangkutan akan mengajukan tunjangan kematian ke kantor BPJS ketenagakerjaan.

Nah, hal lain yang penting selain mengajukan tunjangan kematian ke kantor BPJS ketenagakerjaan adalah kisaran tunjangan yang akan diberikan.

Sebab sebagai salah satu anggota keluarga yang bersangkutan mendapatkan hak mendapatkan tunjangan. Berikut ini adalah rincian kisaran tunjangan yang diberikan kepada keluarga yang bersangkutan. Baca Klaim Jaminan Kematian Jamsostek

Advertisements

Kisaran tunjangan kematian keluarga karyawan :

  1. Tunjangan santunan sebesar Rp. 14. 200.000
  2. Tunjangan santunan berkala sebesar Rp. 200.000 setiap bulan selama 24 bulan
  3. Beasiswa pendidikan kepada anak dari yang bersangkutan jika masih ada anak yang bersekolah sebesar Rp. 12.000.000.

Tunjangan tersebut diberikan kepada anggota keluarganya yang masih ada, misalnya istri, anak atau orang tuanya.

Jika yang bersangkutan belum menikah dan belum memiliki anak maka hak waris yang menerima tunjangan adalah orang tuanya.

Namun jika yang bersangkutan sudah menikah dan memiliki anak maka tunjangan santunan akan diberikan kepada istri dan anak-anaknya sesuai dengan peraturannya. Sebab tunjangan hanya diberikan kepada ahli warisnya saja bukan pihak keluarga yang lainnya.

Tunjangan untuk keluarga yang bersangkutan dapat diurus secara langsung ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat.

Dengan membawa dokumen persyaratan yang diminta serta mengisi formulir pengajuan tunjangan kematian keluarga di BPJS ketenagakerjaan terdekat.

Nah, untuk tunjangan pendidikan anak biasanya akan diberikan jika minimal masa iuran paling sedikit adalah 5 tahun dan  dengan jumlah Rp. 12.000.000 yang akan diberikan. Baca Peserta BPJS Kesehatan Meninggal Dapat Santunan Berapa

Tunjangan kematian keluarga karyawan bisa diurus jika sudah ada dokumen-dokumen pendukungnya, seperti surat kematian yang menyatakan yang bersangkutan benar-benar telah meninggal dunia sehingga pihak keluarganya bisa meminta hak atas tunjangannya. Nah, demikianlah penjelasan mengenai besaran tunjangan kematian keluarga karyawan.

Advertisements
error: