Tunjangan Kematian BPJS Mandiri Kisaran Berapa Juta 2018 ?

Tunjangan Kematian BPJS Mandiri – Salah satu informasi yang banyak dicari peserta BPJS adalah mengenai tunjangan kematian BPJS, karena tentunya sebagai salah satu lembaga pemerintah diharapkan memberikan tunjangan tersebut.

Sebagian besar masyarakat di Indonesia masih memandang sebelah mata BPJS terutama BPJS Kesehatan karena BPJS Kesehatan ini sangat berbeda dengan asuransi yang ada di Indonesia.

Memang sebagian besar masyarakat di Indonesia masih menganggap bahwa BPJS Kesehatan adalah asuransi kesehatan, padahal sebenarnya BPJS Kesehatan bukanlah asuransi melainkan lembaga penjamin kesehatan milik negara Indonesia.

Advertisements

Konsep dasar dari BPJS Kesehatan ini memang sangat mirip dengan asuransi, namun pada dasarnya BPJS bertugas memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia baik yang mampu maupun tidak mampu.

Berapa Tunjangan Kematian BPJS?

Memang konsep dasar dari BPJS sama dengan asuransi, namun sistem kerjanya berbeda karena demi untuk menyediakan pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat. Baca Mengurus BPJS Orang Yang Sudah Meninggal

Bagaimana sistem kerja BPJS Kesehatan? Sistem kerjanya adalah dengan subsidi silang, artinya yang sakit akan dibiayai oleh yang sehat.

Jadi iuran yang dimasukkan itu untuk membiayai semua orang sakit yang terdaftar di BPJS Kesehatan sehingga sangat memungkinkan untuk membiayai biaya tindakan rumah sakit yang sangat mahal sekalipun.

Mungkin ada yang beranggapan rugi bila dengan sistem semacam itu karena sama saja dengan membayar iuran untuk orang lain.

Advertisements

Namun bila ditelaah lebih dalam sistem BPJS semacam itulah yang paling mungkin untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi siapa pun juga. Baca Menonaktifkan Secara Online Keluarga Sudah Meninggal di BPJS

Memang salah satu yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah tunjangan kematian BPJS, karena memang tugas dari BPJS Kesehatan adalah memberikan pelayanan kesehatan seperti pengobatan yang layak bagi seluruh warga negara Indonesia.

Jadi mungkin arah dari BPJS Kesehatan bukan untuk memberikan dana bagi yang sudah meninggal melainkan menanggung biaya seluruh biaya pengobatan.

Jadi bila peserta BPJS Kesehatan meninggal tidak ada santunan atau tunjangan, akan tetapi seluruh biaya rumah sakit baik untuk usaha pengobatannya sampai ke pengantaran jenazah dibayar dan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Namun untuk tunjangan kematian bisa didapatkan melalui BPJS Ketenagakerjaan selama orang tersebut terdaftar menjadi peserta BPJS ini.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan lembaga negara yang menjamin kehidupan dari masyarakat Indonesia yang awalnya bekerja dan kemudian tidak bekerja lagi karena berbagai alasan.

Beberapa alasan itu di antaranya adalah karena PHK, mengundurkan diri, masa pensiun, cacat akibat kecelakaan, sampai ke meninggal dunia.

Sistemnya hampir sama dengan asuransi, jadi dana jaminan hari tua dapat diambil selama kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sudah nonaktif karena berbagai alasan. Baca Prosedur Klaim Jaminan Kematian Jamsostek

Khusus untuk peserta yang meninggal akan mendapatkan santunan total 24 juta yang terdiri dari santunan kematian, biaya pemakaman dan santunan berkala yang diberikan secara langsung. Jadi BPJS Ketenagakerjaanlah yang memberikan tunjangan kematian BPJS.

Advertisements
error: