Tahapan Daftar BPJS Bayi Baru Lahir Bagi PNS Update 2018

Artikel kali ini akan membahas mengenai daftar BPJS bayi baru lahir. BPJS ini sendiri dibagi menjadi dua yaitu BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

Ketika bayi baru lahir, dapat memanfaatkan anggaran dari BPJS kesehatan dengan beberapa persyaratan.

Kepesertaan dalam BPJS dibagi menjadi dua, yaitu Penerima Upah dan Bukan Penerima Upah. Anggota BPJS penerima upah meliputi pegawai swasta, TNI, POLRI, dan PNS.

Advertisements

Sedangkan anggota BPJS bukan penerima upah yaitu pedagang ataupun wiraswasta yang tidak menerima upah dari siapa pun. Baca Syarat Pembuatan BPJS Bayi

Apakah anda berprofesi sebagai PNS? Apakah anda baru memiliki anggota keluarga baru? Berikut ini tahapan cara daftar BPJS bagi bayi baru lahir yang orangtuanya berprofesi sebagai PNS.

Cara Daftar BPJS Bagi Bayi Baru Lahir Yang Memiliki Orangtua Seorang PNS

Bagi anda yang berprofesi sebagai PNS, dan merupakan peserta dari BPJS kesehatan dapat memanfaatkan fasilitas pembayaran saat melahirkan.

Namun untuk mendapatkan penjaminan penggantian pembiayaan dalam proses melahirkan maka anda harus melakukan daftar BPJS bayi baru lahir berikut ini.

  • Memenuhi persyaratan

Terdapat beberapa persyaratan yang harus anda penuhi ketika hendak mendaftarkan bayi yang baru lahir untuk mengikuti kepesertaan BPJS.Baca Menggunakan BPJS Di Rumah Sakit

Advertisements

Persyaratannya yaitu membawa surat keterangan kelahiran yang didapat dari dokter, kartu keluarga asli dan fotokopinya, kartu BPJS milik ibu bayi yang asli dan fotokopi, dan syarat yang terpenting bagi anak PNS yaitu maksimal bayi yang dilahirkan ini merupakan anak ketiga sehingga tanggungan pembiayaan bagi kepala keluarga yang berprofesi sebagai PNS yaitu maksimal sebanyak lima orang.

Jika bayi yang baru lahir tersebut merupakan anak keenam maka otomatis didaftarkan pada kepesertaan BPJS yang bukan penerima upah.

Karena maksimal tanggungan keluarga seorang PNS yaitu lima orang yang terdiri dari kepala keluarga itu sendiri, seorang istri, dan anak yang berjumlah tiga orang.

  • Memberikan nama kepada bayi

Nama merupakan sebuah identitas yang diperlukan oleh manusia sebagai tanda pengenal. Jika bayi anda yang baru lahir tersebut hendak daftar BPJS bayi baru lahir, maka perlu nama untuk melengkapi identitasnya.

Namun apabila anda belum menyiapkan nama untuk buah hati anda, maka dapat menggunakan nama dari sang ibu untuk digunakan sebagai identitas sementara bagi mendaftar kepesertaan BPJS.

  • Daftarkan bayi anda

Apabila biaya selama persalinan dan perawatan bayi anda dapat penjaminan dana atau pembiayaan dari BPJS kesehatan, maka anda harus mendaftarkan bayi anda dalam jangka waktu maksimal tiga hari.

Jika anda lupa mendaftarkan bayi anda yang baru lahir tersebut melebihi batas waktu maksimal, maka pembayaran biaya selama perawatan harus anda tanggung secara mandiri. Baca Biaya Perawatan Bayi Tanpa BPJS

  • Melakukan daftar ulang

Setelah melakukan pendaftaran, anda harus melakukan daftar ulang dalam jangka waktu maksimal tiga bulan dengan nama bayi yang telah sesuai dan asli.

Advertisements
error: