Santunan Kematian BPJS Mandiri Kisaran Berapa Ya 2018??

Santunan Kematian BPJS Mandiri – Santunan kematian BPJS sebenarnya bukan diberikan oleh BPJS Kesehatan karena BPJS Kesehatan hanya bertanggung jawab terhadap seluruh biaya pengobatan yang diperlukan.

Dalam hal ini BPJS Kesehatan hanya membiayai seluruh biaya rumah sakit sampai ke obat yang diperlukan, sehingga tidak heran apabila berobat ke rumah sakit menggunakan kartu BPJS Kesehatan tidak perlu untuk membayar apapun juga.

Memang sistem BPJS Kesehatan ini nampak mustahil karena semua biaya apapun tindakan medisnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Advertisements

Ternyata sistem kerja BPJS Kesehatan adalah dengan menggunakan subsidi silang antara yang sakit dengan yang sehat sehingga iuran yang dibayarkan secara menyeluruh dialokasikan untuk yang sakit saja dengan begitu pemanfaatan dana lebih tepat sasaran.

Adakah Santunan Kematian BPJS Mandiri?

Maksud dari subsidi silang adalah peserta BPJS mandiri yang sakit dibantu oleh peserta yang sehat sehingga semua iuran terpakai semua alias tidak bisa dicairkan kembali.

Inilah bedanya sistem kerja asuransi dengan lembaga BPJS Kesehatan, dan sistem inilah yang menjadikan pro kontra dengan BPJS Kesehatan. Baca Mengurus BPJS Orang Yang Sudah Meninggal di Kantor

Akan tetapi sebenarnya bila dipikir lagi lembaga ini mampu membiayai apapun tindakan medis dan seluruh biaya rumah sakit sehingga inilah nilai lebih bila dibandingkan dengan asuransi. Jadi memang fungsinya sebagai penjamin kesehatan bisa lebih tercapai.

Klaim BPJS Kesehatan pun dilakukan oleh pihak rumah sakit sehingga peserta BPJS Kesehatan tidak perlu repot untuk mengurus klaimnya ke BPJS Kesehatan.

Advertisements

Lalu apakah BPJS Kesehatan menyediakan santunan kematian BPJS kepada pesertanya yang meninggal?

Untuk sementara ini BPJS Kesehatan memang hanya diperuntukkan untuk menjamin kesehatan sehingga artiannya adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari yang miskin sampai yang kaya.

Meski begitu seluruh biaya rumah sakit baik sebelum meninggal sampai sudah meninggal semuanya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Baca Menonaktifkan Secara Online Keluarga Sudah Meninggal di BPJS

Apabila ingin mendapatkan santunan kematian bisa mendaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan yang memang tujuannya untuk menjamin kehidupan masyarakat yang tadinya bekerja beserta seluruh keluarganya.

Jadi tidak heran ada juga beasiswa bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki anak sehingga biaya pendidikan anak dan masa depannya bisa terjamin.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri dibangun untuk memberikan hidup yang layak kepada para pekerja dan keluarganya.

Hal ini terlihat dari sistem kerja dari BPJS Ketenagakerjaan yang lebih mirip asuransi. BPJS Ketenagakerjaan bisa mencairkan jaminan hari tua yang memang diperuntukkan untuk para pensiunan selain pegawai negeri sipil supaya tetap memiliki uang di masa pensiunnya.

Selain itu jaminan hari tua bisa diambil kapan saja selama ada keterangan berhenti bekerja dan dari perusahaan sudah menonaktifkan kepesertaannya. Baca Klaim Jaminan Kematian Jamsostek

Manfaat bagi keluarga dengan mengikuti BPJS Ketenagakerjaan adalah adanya santunan kematian BPJS yang diberikan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia.

Advertisements
error: