Punya BPJS Kesehatan? Bisa Kok Untuk Perawatan Gigi 2018

Artikel kali ini akan membahas mengenai bisa perawatan gigi menggunakan BPJS kesehatan. Gigi merupakan salah satu bagian dari organ tubuh manusia dan hewan yang memiliki tekstur keras.

Tekstur keras ini berfungsi untuk merobek, mengunyah dan menghaluskan makanan yang dikonsumsi. Kali ini kami akan membahas mengenai gigi yang terdapat pada manusia.

Normalnya, manusia dewasa memiliki gigi yang berjumlah 32 dan tersusun pada rahang atas dan rahang bawah. Dari jumlah tiga puluh dua gigi terebut kemudian dibagi lagi menjadi beberapa bagian.

Advertisements

n-bagian dari gigi manusia? Apakah bagian gigi tersebut ada hubungannya dengan kesehatan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Jenis-Jenis Gigi pada Manusia dan Hubungannya dengan Kesehatan 

Pada dasarnya gigi manusia dibagi menjadi lima jenis menurut bentuk dan jenisnya. Ternyata fungsi dari beberapa jenis gigi yang berbeda dapat mempengaruhi terjadinya suatu masalah atau kerusakan pada gigi. Baca Melahirkan Normal dengan BPJS di Rumah Sakit

Oleh karena itu, anda perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin pada gigi anda. Bagi anda peserta BPJS, bisa perawatan gigi secara gratis apabila memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS.

Tetapi tindakan pencegahan selalu akan lebih baik bagi diri anda dibandingkan dengan mengobati. Maka anda dapat mulai mengenali gigi anda agar dapat mencegah terjadinya kerusakan dan masalah seperti berikut ini.

Advertisements
  • Gigi taring mempunyai bagian ujung yang runcing sehingga dapat mencabik makanan yang anda konsumsi dapat terjadi masalah gigi seperti karies, karang gigi hingga menyebabkan peradangan pada gusi.
  • Gigi seri normalnya berjumlah delapan buah yang terletak pada bagian tengah. Berfungsi untuk memotong makanan oleh karena itu rawan terkena periodontitis, timbulnya plak maupun radang pada gusi.
  • Gigi geraham kecil berfungsi dalam perobekan dan penghancuran makanan. Risiko penyakit pada gigi geraham kecil pun cukup besar pada radang gusi dan karies.
  • Gigi geraham merupakan gigi yang berukuran paling besar yang fungsinya untuk pengunyahan makanan yang anda konsumsi. Umumnya banyak orang yang mengeluhkan masalah karies yang terjadi pada gigi geraham.
  • Gigi bungsu merupakan gigi yang muncul ketika manusia berusia lebih dari delapan belas tahun. Risiko terkena gingivitis dan periodontitis cukup besar, karena pada awal kemunculannya saja menimbulkan rasa sakit bagi beberapa orang yang telah merasakan.

Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan oleh tenaga kesehatan yang berkompeten pada masalah gigi, agar sakitnya tidak meluas dan menimbulkan masalah yang baru.

Penggunaan BPJS dalam Perawatan Gigi

Salah satu fungsi BPJS kesehatan bisa perawatan gigi di fasilitas kesehatan yang telah melakukan kerja sama dengan BPJS. baca Melahirkan Caesar Dengan BPJS

Hal ini tentunya harus melalui prosedur dari fasilitas kesehatan tingkat pertama yang memiliki pelayanan gigi. Anda pun harus membawa persyaratan administrasi yaitu KTP, KK, dan KIS.

Advertisements
error: