Pengalaman Melahirkan Caesar Dengan BPJS 2018, Ikuti Syarat Berikut

Artikel kali ini akan membahas mengenai melahirkan caesar dengan BPJS. Melahirkan caesar merupakan suatu metode dalam melahirkan yang membelah perut dan rahim ibu untuk dapat mengeluarkan buah hati tercinta ke dunia.

Kasus yang ditemukan saat konsultasi atau USG yang dapat menjadi penyebab melahirkan dengan metode caesar yaitu pecah ubuh bayi, posisi bayi yang tidak sesuai atau sungsang, ibu memiliki penyakit menular seksual seperti HIV, dan sebagainya.

Misalnya apabila seorang ibu hamil yang menderita HIV hendak melahirkan dan tidak melalui operasi caesar maka dapat memperbesar risiko bayi tertular HIV sejak lahir bahkan bayi dapat langsung mendapat diagnosa positif HIV jika dipaksakan melahirkan secara normal.

Advertisements

Namun biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi caesar cukup besar mencapai angka jutaan rupiah. Bagi anda yang memiliki kepesertaan BPJS dapat melahirkan secara caesar dengan gratis namun harus memenuhi beberapa syarat tertentu.

Apa sajakah persyaratan untuk melahirkan caesar dengan BPJS? Mari simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Syarat operasi caesar menggunakan kepesertaan BPJS Kesehatan

Biaya persalinan operasi caesar dan normal memiliki perbedaan yang cukup signifikan sehingga apabila anda ingin BPJS bersedia membayar biaya persalinan dengan metode caesar dengan BPJS, anda perlu memenuhi syarat berikut ini.

  • Melakukan cek kehamilan

Kandungan yang sehat akan membuat bayi terlahir dengan selamat. Hal tersebut dapat didukung oleh asupan gizi dari makanan yang seimbang. Baca Biaya Perawatan Bayi Tanpa BPJS

Advertisements

Selain itu anda pun harus melakukan pemeriksaan selama kehamilan minimal satu kali selama kehamilan.

Anda dapat memeriksakan kehamilan anda di fasilitas kesehatan tingkat pertama yang meliputi puskesmas, klinik pratama, dokter keluarga tergantung fasilitas pertama yang anda pilih saat melakukan pendaftaran kepesertaan BPJS.

Pemeriksaan kehamilan ini pun menjadi syarat apabila anda akan melakukan persalinan metode caesar dengan BPJS Kesehatan.

Saat pemeriksaan kehamilan dokter dapat memantau pertumbuhan bayi serta dapat melakukan diagnosis dini bila terjadi implikasi medis yang terjadi pada kehamilan anda.

  • Meminta surat rujukan

Apabila kehamilan anda terdiagnosis memiliki implikasi medis, maka anda perlu meminta surat rujukan dari dokter fasilitas kesehatan pertama tersebut.

Surat rujukan menjadi syarat kedua ketika anda hendak bersalin dengan metode caesar dan membutuhkan klaim dari BPJS, mengingat biaya operasi caesar yang mahal.

  • Alasan pelaksanaan operasi caesar yang sesuai dengan adanya implikasi medis pada kandungan

Anda akan mendapat klaim dari BPJS saat bersalin dengan operasi caesar, apabila operasi caesar tersebut terpaksa harus dilakukan karena adanya implikasi medis dan rujukan dari dokter di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Baca Tahapan Daftar BPJS Bayi Baru Lahir

  • Selalu membawa persyaratan dokumen ketika istri telah hamil tua

Selain tiga persyaratan di atas, ada pula persyaratan dokumen yang harus anda penuhi yaitu KTP ibu, Kartu Keluarga, serta kartu BPJS milik ibu yang asli dan foto kopi.

Advertisements
error: