Kapan BPJS Calon Bayi Bisa Digunakan 2018 (Pengalaman Kami)

Para pembaca sekalian, kali ini kami akan membagikan info tentang kapan BPJS calon bayi bisa digunakan.

Agar biaya persalinan dapat ditanggung BPJS maka Anda harus mendaftarkan BPJS calon bayi yang masih ada dalam kandungan paling lambat 14 hari sebelum hari kelahiran.

Dan setelah mendaftar tak perlu membayar iuran dikarenakan memang tak akan bisa atau hanya dapat dibayarkan setelah bayi terlahir dengan selamat.

Advertisements

Sehingga sebelum lahir, iuran BPJS Anda akan sama seperti sebelumnya.

Pengalaman Menggunakan BPJS Calon Bayi

Sebelum dapat menggunakan kartu BPJS bayi yang baru saja dilahirkan terlebih dahulu Anda harus mendaftarkan calon bayi paling lambat 14 hari sebelum hari kelahiran dan sesudah itu Anda wajib menggunakan kartu BPJS.

Si ibu untuk memeriksakan kehamilan setidaknya 1 kali di rumah sakit yang nantinya menjadi lokasi melahirkan (kurang lebih seperti itu menurut keterangan dokter di rumah sakit).

Sebab dikatakan bahwa tak akan memungkinkan BPJS calon bayi bisa digunakan seandainya langsung melahirkan menggunakan BPJS namun sebelumnya belum sekalipun digunakan dalam memeriksa kehamilan.

Sesudah Anda mendaftarkan si calon bayi dan BPJS ibu sudah pernah digunakan dalam memeriksa kehamilan kemudian untuk membayar BPJS si bayi sesudah dilahirkan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: Baca Formulir Jaminan Kematian BPJS

Advertisements
  • Persiapkan fotocopy kartu BPJS ibu dan fotocopy KTP ibu dan ayah.
  • Persiapkan surat keterangan lahir yang dibuat oleh rumah sakit, kemudian difotocopy.
  • Setelah seluruh berkas siap, Anda bisa menuju kantor BPJS dan mengambil nomor antrian.
  • Setelah dibuka lalu Anda akan memperoleh print out nomor virtual account si bayi dan membayarnya di ATM, Alfamart atau Indomaret, kemudian kembali lagi ke kantor BPJS guna mencetak kartu BPJS bayi.

Sebagai catatan untuk bayi yang baru lahir, kartunya tak seperti kartu BPJS pada umumnya namun masih berbentuk e-id. Bila Anda tak sempat untuk mengantri maka dapat mencetak e-id BPJS melalui aplikasi Android.

Setelah menunggu kartu BPJS si bayi pun sudah selesai dicetak dengan bentuk kertas HVS sehingga perlu dilaminating supaya tak rusak.

Lalu fotocopy dan serahkan pada rumah sakit lokasi kelahiran agar biaya persalinan bayi dapat ditanggung oleh BPJS.

Anda pun telah berhasil mengaktifkan kartu BPJS si bayi yang baru dilahirkan sesudah iuran pertama dibayarkan. Anda bisa menggunakan smartphone Android untuk melakukan pengecekan daftar BPJS.

Demikian sekilas tentang pengalaman membayar BPJS bayi yang baru dilahirkan agar dapat aktif kemudian kartunya dicetak dan biaya persalinan serta perawatan si bayi ditanggung oleh BPJS. Baca Tahapan Pendaftaran BPJS Bayi

Memang tampak tak terlalu mudah untuk dilakukan karena Anda perlu mengantri, lalu bolak-balik kantor BPJS ke ATM untuk membayar iuran lalu ke kantor BPJS lagi untuk menyerahkan bukti pembayaran.

Semoga pembahasan tentang kapan BPJS calon bayi bisa digunakan ini bisa bermanfaat.

Advertisements
error: