Kapan BPJS Calon Bayi Aktif Setelah Melakukan Pendaftaran 2018

Para pembaca sekalian, kali ini kami akan membahas tentang kapan BPJS calon bayi aktif setelah melakukan pendaftaran.

Bila Anda ingin mendaftarkan calon bayi dalam kandungan maka syarat-syarat yang harus dipersiapkan oleh Anda adalah Kartu Keluarga atau KK dan KTP orangtua, Kartu BPJS orangtua, hasil pemeriksaan USG usia kandungan 7-8 bulan, dan surat keterangan hamil.

Setelah Anda mempersiapkan berkas maka untuk antisipasi Anda dapat memfotocopy berkas di atas masing-masing 2 lembar, lalu datang ke kantor BPJS terdekat.

Advertisements

(Perlu Anda ingat: hingga sekarang ini pendaftaran calon bayi tak dapat dilakukan secara online akan tetapi diharuskan datang secara langsung ke kantor BPJS terdekat).

Biodata calon bayi harus diisi oleh Anda dan disesuaikan dengan ketentuan.

Apakah Peserta BPJS Perusahaan Dapat Mendaftarkan Calon Bayinya?

Ketentuan yang telah dijelaskan bahwa hanya dikhususkan bagi ibu kandung yang mengikuti kepesertaan BPJS mandiri atau menjadi peserta BPJS secara mandiri dan ditanggung diri sendiri.Baca Anggota BPJS Meninggal Dunia??

Sementara BPJS perusahaan atau kepesertaan BPJS yang dibiayai oleh perusahaan tak dapat melakukan pendaftaran BPJS untuk calon bayinya, terkecuali untuk anak keempat dan seterusnya.

Kapankah Iuran BPJS untuk Calon Bayi Anda Harus Dibayarkan?

Khusus bagi bayi yang masih ada dalam kandungan, iuran BPJS untuk calon bayi ini harus dibayarkan selambat-lambatnya hingga 30 hari atau satu bulan terhitung dari hari perkiraan lahir atau HPL.Baca Formulir Jaminan Kematian BPJS

Advertisements

Sementara untuk jaminan kesehatan yang diberikan oleh BPJS atau kapan BPJS calon bayi aktif yaitu akan dimulai setelah iuran dibayarkan.

Mengenai perubahan data bayi harus dilakukan selambat-lambatnya hingga 3 bulan terhitung sejak bayi dilahirkan.

Persyaratan untuk mendaftar BPJS bayi yang telah lahir antara lain:

  • Surat Pernyataan Lahir dari RS setempat.
  • Fotocopy KTP ibu kandung atau keluarganya.
  • Kartu Keluarga atau KK.

Anda dapat memfotocopy minimal sebanyak 2 lembar untuk berjaga-jaga, bila sudah siap maka Anda bisa segera datang ke kantor BPJS terdekat untuk melakukan pendaftaran.

Satu minggu sebelum kelahiran sebaiknya Anda mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan itu, sehingga proses mendaftarkan bayi yang telah lahir dapat diproses dengan cepat.

Dengan mendaftarkan bayi dalam kandungan ke BPJS maka calon bayi nantinya dibuatkan kartu BPJS sementara saat itu juga, yang umumnya dicetak di selembar kertas dengan atas nama calon bayi nyonya (nama ibu). Baca Tahapan Pendaftaran BPJS Bayi

Perubahan data bayi yang telah lahir wajib dilakukan selambat-lambatnya 3 bulan sejak bayi lahir dengan persyaratan:

  • Kartu BPJS calon bayi Anda sebelumnya.
  • KK terbaru berikut data bayi.
  • Buku tabungan (BRI, Mandiri, BTN, atau BNI) bila Anda ingin memilih kelas I atau II BPJS untuk bayi Anda (sama dengan kelas kedua orangtuanya).

Demikian informasi tentang tentang kapan BPJS calon bayi aktif setelah mendaftar, semoga bermanfaat untuk Anda dan terima kasih.

Advertisements
error: