Cara Pembayaran BPJS Bayi Dalam Kandungan Jika Sudah Terdaftar 2018

Informasi cara pembayaran BPJS bayi dalam kandungan tentu penting untuk diketahui para pasangan suami istri.

Dalam mengantisipasi pengeluaran tak terduga yang kerap terjadi ketika melahirkan di antaranya bayi yang dilahirkan jatuh sakit, maka bayi memerlukan perawatan medis intensif, dengan rawat inap di rumah sakit atau bahkan ada yang harus masuk ruang ICU selama beberapa hari.

Hal tersebut akan membuat orangtua si bayi harus mengeluarkan uang dengan jumlah besar untuk membayar biaya pengobatan anaknya.

Advertisements

Akan tetapi tentu harus berharap bahwa dalam proses melahirkan, kondisi bayi ada pada keadaan yang sehat.

Semua kemungkinan mungkin saja terjadi. Bila memang sebagai orangtua Anda merasa khawatir akan kondisi bayi yang dilahirkan mungkin sakit dan harus memperoleh perawatan medis yang tentunya memerlukan dana cukup besar.

Maka Anda dapat mendaftarkan buah hati Anda pada program BPJS kesehatan guna memperoleh jaminan kesehatan, di mana biaya perawatan medis si bayi akan ditanggung oleh BPJS.

Berikut Cara Pembayaran BPJS Bayi Dalam Kandungan

Bayi dalam kandungan sudah bisa untuk didaftarkan pada program BPJS Kesehatan, yang terpenting telah dipastikan ada denyut bayi dan juga jenis kelamin bayi telah diketahui dengan menjalani pemeriksaan USG.

Sebagai orangtua Anda pun perlu mempersiapkan beberapa persyaratan dan ketentuan mendaftarkan bayi yang masih dalam kandungan sebelum Anda memutuskan untuk berangkat ke kantor cabang BPJS kesehatan.

Advertisements

Anda dapat mendaftarkan bayi dalam kandungan dengan layanan BPJS mandiri atau layanan BPJS perusahaan. Baca Menggunakan BPJS Calon Bayi

Pastikan Anda sebagai orangtua bayi juga telah terdaftar menjadi peserta layanan BPJS Kesehatan. Bila belum maka terlebih dahulu Anda bisa mendaftarkan diri.

Berdasarkan perbincangan kami dengan petugas BPJS Kesehatan cukup jelas bahwa bayi yang masih dalam kandungan yang didaftarkan menjadi peserta layanan BPJS tak harus langsung melakukan cara pembayaran BPJS bayi dalam kandungan. Anda bisa melakukannya 14 hari setelah memperoleh nomor virtual account.

Pembayaran baru dapat dilakukan setelah si bayi dilahirkan dan Anda harus kembali melapor pada kantor cabang BPJS dalam kurun waktu 1-2 hari setelah si bayi lahir dengan mempersiapkan KTP, KK, surat keterangan lahir, dan bukti mendaftar BPJS bayi dalam kandungan yang Anda peroleh ketika mendaftar di kantor BPJS.

Sehingga cukup jelas bila Anda memiliki pertanyaan kapan iuran BPJS bayi dalam kandungan untuk pertama kalinya dibayarkan. Jawabannya adalah setelah si bayi lahir dengan kondisi selamat.

Meskipun pembayaran dilakukan sesudah bayi lahir namun alangkah baiknya mendaftar BPJS bayi dalam kandungan itu paling lambat dilakukan 14 hari sebelum si bayi dilahirkan. Baca Manfaat BPJS Bayi Dalam Kandungan

Dikarenakan prosesnya tak sulit dan cukup sederhana. Anda hanya harus mempersiapkan fotocopy KTP ayah/ibu, KK (Kartu Keluarga) asli dan fotocopy, hasil pemeriksaan USG, dan surat keterangan hamil.

Demikian sedikit pembahasan tentang cara pembayaran BPJS bayi dalam kandungan, semoga bermanfaat.

Advertisements
error: