Cara Menonaktifkan Secara Online Keluarga Sudah Meninggal di BPJS 2018

Seperti yang diketahui bahwa risiko kematian akan selalu membayangi setiap manusia. Karena tidak ada yang tahu kapan orang akan meninggal dunia.

Ada banyak faktor yang menyebabkan orang meninggal mulai dari sakit, kecelakaan dan lain sebagainya.

Bagi peserta BPJS pastinya penasaran apakah ada cara menonaktifkan secara online keluarga sudah meninggal di bpjs. Pasalnya, peserta BPJS yang meninggal dunia memang harus segera menonaktifkan keikutsertaannya dalam program BPJS.

Advertisements

Hal ini berlaku untuk peserta yang membayar iuran setiap bulannya atau BPJS Mandiri. Dengan menonaktifkan kepesertaannya maka peserta BPJS yang bersangkutan sudah tidak diwajibkan lagi untuk membayar iuran BPJS setiap bulannya.

Menonaktifkan Secara Online Keluarga Sudah Meninggal di BPJS

Saat menjadi peserta BPJS, maka masyarakat akan memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan yang memadai di berbagai fasker atau fasilitas kesehatan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah sebagai pihak yang menyelenggarakan BPJS Kesehatan.

Lain halnya dengan asuransi swasta, program BPJS Kesehatan hanya diberikan kepada peserta dalam bentuk pelayanan kesehatan saja.

Dimana peserta tidak akan mendapatkan santunan apapun ketika meninggal dunia. Disamping itu, dana BPJS yang sudah dibayarkan juga tidak bisa diwariskan. Karena pada prinsipnya, BPJS menganut sistem gotong royong.

Dimana yang peserta yang sakit akan ditanggung semua biayanya dari iuran peserta lainnya. Hal tersebut berlaku untuk semua peserta BPJS. Dana iuran sistem gotong royong ini juga akan digunakan untuk masyarakat yang tidak mampu untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik.

Advertisements

Peserta yang tidak membayar iuran setiap bulan karena tidak mampu akan dimasukkan dalam program BPJS PBI atau Penerima Bantuan Iuran. Baca Jika Peserta BPJS Mandiri Meninggal bagaimana???

Peserta BPJS sampai kapanpun akan menjadi peserta BPJS sampai yang bersangkutan meninggal dunia. Peserta BPJS mandiri juga berkewajiban untuk membayar iuran per bulan secara terus menerus selama hidupnya.

Ada dua cara untuk menonaktifkan kepesertaan BPJS yakni pindah ke luar negeri atau meninggal dunia. Bagi peserta yang meninggal dunia, tentunya harus melakukan laporan untuk menonaktifkan kepesertaan BPJS.

Karena jika tidak, pihak keluarga harus menanggung iuran anggota keluarga yang meninggal tersebut seperti saat masih hidup. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan secara online keluarga sudah meninggal di bpjs?

Perlu diketahui bahwa menonaktifkan BPJS secara online karena pesertanya meninggal sebenarnya tidak ada.

Karena prosedur penonaktifan kepesertaan BPJS yang dikarenakan meninggalnya peserta harus dilakukan dengan datang ke kantor cabang BPJS terdekat secara langsung.

Adapun syarat-syarat yang harus dibawa untuk menonaktifkan keikutsertaan peserta BPJS karena meninggal adalah sebagai berikut. Baca Klaim Pengguna BPJS Meninggal

  1. Bukti pembayaran terakhir
  2. Fotocopy surat pernyataan tentang kematian yang didapat dari rumah sakit atau  RT RW
  3. Kartu BPJS
  4. Fotocopy KK
  5. Kartu identitas peserta BPJS yang meninggal dunia.

Jadi cara menonaktifkan secara online keluarga sudah meninggal di bpjs tidak ada karena semua persyaratan tersebut harus dibawa langsung ke pihak BPJS setempat.

Advertisements
error: