Cara Menggunakan BPJS Calon Bayi Di Berbagai Tempat Persalinan

Pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan mengenai cara menggunakan BPJS calon bayi di berbagai tempat persalinan.

Proses mendaftar BPJS calon bayi yang ada dalam kandungan nyatanya tak terlalu sulit dan merepotkan seperti yang kami bayangkan.

Akan tetapi hanya memerlukan kesabaran dalam mengantri sebab pasti akan ada banyak orang lain yang juga melakukan proses pendaftaran saat Anda datang ke kantor BPJS.

Advertisements

Bagi Anda calon ibu atau ayah yang mungkin tengah kebingungan dalam mencari tahu bagaimana cara mendaftarkan calon bayi untuk ikut BPJS maka simak terus pembahasan dari kami kali ini.

Persyaratan dalam mendaftar BPJS calon bayi yang wajib Anda penuhi adalah fotocopy KTP, fotocopy KK atau Kartu Keluarga, fotocopy buku rekening tabungan yang nantinya dipakai dalam membayar iuran BPJS, hasil pemeriksaan USG dokter, serta surat keterangan hamil.

Pengalaman Mendaftar dan Menggunakan BPJS Calon Bayi

Selain persyaratan yang disampaikan sebelumnya tentu sebagai orang tua Anda diharuskan telah mendaftar BPJS mandiri bukannya pekerja penerima upah.

Sementara untuk cetak kartu BPJS sendiri tak akan menjadi suatu masalah sebab berdasarkan pengalaman hal ini tak ditanyakan.

Sebelum mengambil keputusan untuk mendaftar secara langsung di kantor BPJS, kami sempat menanyakan pada petugas BPJS mengenai apakah mungkin mendaftar BPJS calon bayi secara online, ternyata jawabannya adalah tak bisa sehingga harus datang langsung ke kantor BPJS. Baca Formulir Jaminan Kematian BPJS

Advertisements

Oke tak perlu basa-basi lagi berikut pengalaman kami dalam mendaftar dan menggunakan BPJS calon bayi.

  1. Persiapkan berkas persyaratan di antaranya:
  • KTP asli dan fotocopy (ayah/ibu)
  • KK asli dan fotocopy
  • Fotocopy buku rekening tabungan yang nantinya dipakai untuk membayar
  • Hasil pemeriksaan USG
  • Surat Keterangan Hamil dari bidan atau dokter
  1. Datang langsung ke kantor BPJS terdekat.
  2. Mengambil nomor antrian dan sampaikan pada petugas bahwa Anda akan melakukan proses pendaftaran untuk calon bayi lalu isi form yang diberikan. Mengenai nama calon bayi dapat dikosongkan sebab akan ditulis calon bayi Nyonya… lalu untuk tanggal kelahiran dapat dikosongkan maupun diisi sesuai tanggal melakukan proses pendaftaran.
  3. Sesudah dipanggil langsung sampaikan pada petugas bahwa Anda akan mendaftar BPJS calon bayi yang masih dalam kandungan dan serahkan berkas persyaratan yang telah disiapkan.

Bila pendaftaran telah selesai Anda bisa pulang dan umumnya akan diberi tahu nomor virtual account BPJS calon bayi itu melalui SMS atau Anda bisa mengeceknya di aplikasi BPJS beberapa jam setelah mendaftar. Bila telah terdaftar maka status penangguhan pembayaran akan muncul. Baca Tahapan Pendaftaran BPJS Bayi

Ketika mendaftarkan BPJS calon bayi kemungkinan Anda akan sedikit kebingungan dalam mengisi form pendaftaran dikarenakan memiliki format yang sama dengan form pendaftaran umumnya.

Demikian sedikit pembahasan tentang cara menggunakan BPJS calon bayi di berbagai tempat persalinan, semoga bermanfaat.

Advertisements
error: