Cara Klaim Santunan Kematian Akibat Kecelakaan Kerja (Pengalaman)

Klaim Santunan Kematian – Salah satu hak bagi pekerja yang meninggal akibat kecelakaan kerja adalah keluarga atau ahli warisnya akan mendapatkan santunan kematian akibat kecelakaan kerja.

Hak sebagai seorang karyawan adalah mendapatkan jaminan saat mereka bekerja baik, jaminan ketenagakerjaan atau jaminan kesehatan. Jaminan tersebut diberikan bagi karyawan untuk memberikan fasilitas yang terbaik selama bekerja di sebuah perusahaan.

Jadi jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi dan berhubungan dengan nyawa atau kecelakaan kerja akan mendapatkan santunan.

Advertisements

Santunan tersebut akan diberikan oleh perusahaan BPJS Ketenagakerjaan yang sudah bekerja sama dengan tempat di mana yang bersangkutan bekerja.  Cara mengklaim santunan kematian karena kecelakaan kerja juga cukup mudah.

Cara Klaim Santunan Kematian Akibat Kecelakaan Kerja

Nah, salah satu hak yang didapatkan oleh pekerja adalah mendapatkan santunan. Ada beberapa jenis santunan yang diberikan kepada pekerja atau karyawan sesuai dengan peraturannya.

Salah satunya adalah santunan kematian akibat kecelakaan kerja yang diberikan kepada pekerja yang mengalami kecelakaan kerja kemudian meninggal dunia.

Jadi apabila ada seorang pekerja yang mengalami kecelakaan kerja selama di tempat kerja atau dalam perjalanan untuk suatu pekerjaan maka akan memperoleh santunan. Santunan diberikan untuk ahli waris yang bersangkutan atau keluarganya. Baca Prosedur Klaim Jaminan Kematian Jamsostek

Untuk mengklaim santunan tersebut Anda perlu mengikuti prosedur dan tata caranya dengan baik dan benar. Berikut adalah tata cara dan persyaratan mengklaim santunan kematian akibat kecelakaan kerja.

Advertisements

Syarat klaim santunan kematian akibat kecelakaan kerja :

  1. Fotokopi KTP/SIM yang bersangkutan fotokopi 2 lembar
  2. Fotokopi KK yang bersangkutan
  3. Asli Kartu Kepesertaan Jaminan (KJP) yang bersangkutan
  4. Asli KTP ahli waris difotokopi 2 lembar
  5. Surat keterangan aktif bekerja di tempat kerja yang bersangkutan
  6. Surat keterangan kematian asli dari kelurahan
  7. Surat kematian dari rumah sakit atau instansi yang bersangkutan
  8. Surat keterangan ahli waris yang bersangkutan
  9. Surat nikah asli dan difotokopi 2 lembar

Cara klaim santunan kematian akibat kecelakaan kerja :

  1. Datang ke perusahaan ketenagakerjaan
  2. Mengisi formulir santunan kematian akibat kecelakaan kerja
  3. Menyerahkan dokumen persyaratan secara lengkap
  4. Proses pencairan santunan kematian akibat kecelakaan kerja
  5. Pencairan santunan kematian akibat kecelakaan kerja

Nah, demikianlah syarat dan juga tata cara yang perlu Anda perhatikan apabila akan mengajukan santunan kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja.

Santunan tersebut akan diberikan kepada ahli waris yang sudah tercatat sesuai dengan peraturan dan persyaratan yang telah tersedia.

Apabila pengajuan pemohonan santunan tersebut diwakilkan maka orang yang mewakilkan harus membuat surat kuasa bermaterai dari instansi terkait. Baca BPJS Kesehatan Meninggal Dapat Santunan

Cara mengklaim santunan kematian akibat kecelakaan kerja sangat mudah dan prosesnya begitu cepat. Sehingga pihak keluarga atau ahli warisnya akan langsung menerima santunan sesuai dengan haknya. Demikian penjelasan cara mengklaim santunan kematian akibat kecelakaan kerja.

Advertisements
error: