Bisakah USG Menggunakan BPJS 2018?? (Pengalaman Kami)

USG Menggunakan BPJS – Ibu hamil sekarang dapat menikmati layanan BPJS kesehatan waktu akan memeriksakan kandungannya dan ketika akan melahirkan.

Untuk merasakan layanan BPJS harus menjadi peserta BPJS dulu, setelah menjadi peserta harus mengikuti prosedur berobat yang sudah ditentukan untuk dapat menikmati layanan BPJS ini.

Salah satu layanan yang disediakan oleh BPJS adalah layanan pemeriksaan hamil. Layanan ini adalah layanan ultrasonografi atau USG menggunakan BPJS.

Advertisements

USG dilakukan untuk mengetahui kesehatan janin, posisi janin apakah benar atau tidak, dan untuk mengetahui apakah jenis kelamin dari bayi anda.

Apakah Bisa USG Menggunakan BPJS???

Layanan BPJS untuk ibu hamil memang sudah banyak yang merasakan manfaatnya tetapi banyak ibu hamil juga yang belum mengetahui layanan apa saja yang bisa dinikmati oleh peserta BPJS khususnya oleh ibu hamil.Baca Melahirkan Caesar Dengan BPJS

Sangat disayangkan jika para ibu hamil tidak bisa menggunakan layanan ini hanya karena kurang tahu cara dan prosedur berobat menggunakan layanan BPJS.

BPJS menggunakan layanan berjenjang artinya adalah ibu hamil jika memeriksakan kandungan mereka harus di faskes tingkat 1 dan jika fasilitas atau harus membutuhkan penanganan yang lebih serius dan faskes tingkat 1 tidak bisa maka akan diberi rujukan untuk ke faskes tingkat 2, dan begitu seterusnya.

Untuk syarat pemeriksaan di faskes tingkat 1 adalah KTP asli, kartu BPJS asli dan buku kesehatan ibu dan anak.

Advertisements

Layanan USG Yang Di Biayai Oleh BPJS

Untuk para ibu hamil yang ingin mengetahui keadaan dan kondisi dari bayi anda harus melakukan USG atau ultrasonografi. Untuk umur kehamilan 5 bulan anda bisa mengetahui jenis kelamin bayi anda dengan menggunakan USG. Baca Tambal Gigi Ditanggung BPJS

Dan untuk para ibu hamil ini ada kabar gembira, ibu sekarang sudah bisa USG menggunakan BPJS tentu akan sangat membantu para ibu sekalian.

Bayangkan saja untuk sekali USG saja membutuhkan biaya 500 ribu, coba kalau setiap bulan harus USG jelas banyak sekali biayanya sampai nanti waktu persalinan. Ibu hamil harus tahu ada 2 kondisi di mana USG akan dibiayai atau tidak, berikut penjelasannya.

  • USG yang dibiayai oleh BPJS

Untuk kondisi ini adalah jika ibu hamil mengalami masalah yang sangat serius waktu dalam masa kehamilan dan sangat membahayakan keselamatan ibu dan bayi yang ada di dalam perut.

Dokter akan menyarankan USG untuk melihat kondisi bayi di dalam kandungan, dan semua biaya USG ini sudah pasti akan ditanggung BPJS karena kondisi darurat.

  • USG yang tidak dibiayai oleh BPJS

Kondisi ini akan terjadi jika memang ibu hamil tidak mengalami masalah serius pada masa kehamilannya, kondisi ibu dan bayi juga sangat sehat. Baca Melahirkan Di Puskesmas Dengan BPJS

Tetapi ibu ingin melihat bayi ibu melalui USG karena keinginan sendiri tanpa ada rujukan dari dokter. Dan inilah kondisi di mana anda akan membayar biaya USG sendiri.

Dan itulah artikel mengenai USG menggunakan BPJS, semoga bermanfaat.

Advertisements
error: