Bisakah Daftar BPJS Calon Bayi Online atau Harus ke Kantor Cabang?

Topik tentang informasi kesehatan yang akan kami bagikan kali ini adalah mengenai daftar BPJS calon bayi online.

Ada aturan bahwa peserta layanan BPJS yang tengah mengandung dapat mendaftarkan bayi yang masih dalam kandungan ke kantor BPJS, akan tetapi tak berlaku untuk seluruh jenis layanan BPJS.

Perlu diketahui bahwa layanan kepesertaan BPJS ada beberapa macam, di antaranya peserta layanan BPJS mandiri, peserta layanan BPJS Perusahaan atau PPU dan peserta layanan BPJS penerima bantuan iuran atau PBI.

Advertisements

Yang mendapat izin dalam melakukan proses pendaftaran bayi dalam kandungan hanya bagi peserta layanan BPJS mandiri, mereka dapat mendaftarkan buah hatinya sejak bayi yang ada dalam kandungan telah terdeteksi detak jantungnya.

Sementara untuk peserta layanan BPJS Perusahaan atau PPU dan juga orang tua yang menjadi peserta layanan BPJS PBI tak dapat mendaftarkan bayi yang masih ada dalam kandungan. Mereka hanya dapat mendaftarkan anaknya sebagai peserta layanan BPJS saat anaknya telah lahir.

Waktu yang diberikan umumnya tiga hari sejak bayi dilahirkan. Bila dalam tiga hari anak yang telah dilahirkan bisa menjadi peserta layanan BPJS maka biaya perawatan medis si anak di rumah sakit bisa sepenuhnya ditanggung oleh BPJS.

Lalu Bisakah Daftar BPJS Calon Bayi Secara Online?

Perlu Anda ketahui untuk sekarang ini daftar BPJS calon bayi online belum bisa dilakukan. Anda hanya bisa mendaftar layanan BPJS calon bayi secara offline atau langsung datang ke kantor cabang BPJS terdekat. Baca Manfaat BPJS Bayi Dalam Kandungan

Advertisements

Dan sayangnya pendaftaran layanan BPJS ini hanya dapat dilakukan oleh Anda orangtua peserta BPJS mandiri dan anggota keluarga yang ada pada KK (Kartu Keluarga) yang sama sekali belum mendaftar sebagai peserta layanan BPJS mandiri.

Serta untuk perusahaan yang bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan dalam mendaftarkan para karyawannya.

Bila statusnya merupakan perubahan layanan kepesertaan seperti membenarkan data yang mungkin keliru, menambah atau mengurangi tanggungan baik disebabkan karena ada anggota keluarga baru yang mungkin ingin ditambahkan seperti kelahiran anggota keluarga terbaru, atau meninggal dunia, maka hal-hal tersebut tak dapat dilakukan secara online.

Demikian pula untuk peserta layanan BPJS yang ingin mendaftarkan calon bayinya yang masih ada di dalam kandungan, ini tak dapat dilakukan secara online akan tetapi orangtua calon bayi sebagai peserta harus datang langsung ke kantor cabang BPJS terdekat dengan melengkapi dan membawa persyaratan sesuai ketentuan.

Mengenai cara mendaftarkan calon bayi dalam kandungan untuk menjadi peserta layanan BPJS telah kami sampaikan pada pembahasan sebelumnya.

Cara-cara itu hanya berlaku bagi Anda para orangtua yang juga peserta layanan BPJS mandiri atau peserta layanan BPJS PBPU. Baca Pembayaran BPJS Bayi Dalam Kandungan

Sekali lagi kami sampaikan bahwa daftar BPJS calon bayi online belum bisa dilakukan namun orangtua harus datang secara langsung ke kantor cabang BPJS terdekat.

Advertisements
error: