Apakah Tambal Gigi Ditanggung BPJS? 2018

Tidak sedikit yang bertanya-tanya apakah tambal gigi ditanggung BPJS. Memang masalah gigi berlubang ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena rasa sakitnya yang tak tertahankan sehingga bisa mengganggu aktivitas.

Masalah gigi ini tidak hanya dialami oleh anak-anak saja tetapi banyak juga orang dewasa yang bermasalah dengan gigi berlubang.

Meski begitu anak-anaklah yang paling rentang mengalaminya ketimbang orang dewasa dikarenakan enamel giginya yang masih belum matang.

Advertisements

Jika gigi sampai keropos dan tidak segera mendapat penanganan maka lubang pada gigi akan semakin membesarjadi alangkah bagusnya untuk segera dilakukan tindakan saat lubang pada gigi belum terlalu besar.

Gigi berlubang dapat disebabkan karena kurangnya perawatan dalam membersihkan gigi terutama ketika setelah makan atau minum dan sebelum tidur. Ketika mengalami gigi berlubang ada 2 hal yang dilakukan untuk mengatasinya yaitu dicabut atau ditambal.

Untuk orang dewasa ketika gigi dicabut maka gigi tidak akan tumbuh sehingga membuat gigi ompong atau bisa juga memasang gigi palsu. Maka dari itu, banyak orang yang memilih untuk menambalnya.

Tidak perlu khawatir, bagi masyarakat yang sudah mempunyai kartu BPJS ternyata tambal gigi ini ditanggung oleh BPJSsesuai peraturan BPJS No. 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat 1 mengenai perawatan gigi, salah satu layanan yang ditanggung BPJS adalah tumpatan (tambal gigi).Baca Melahirkan Normal dengan BPJS di Rumah Sakit

Advertisements

Jenis Penambalan Gigi yang Ditanggung BPJS

Tambal gigi ditanggung BPJSdengan catatan peserta memenuhi persyaratan dan prosedur yang berlaku. Yaitu penambalan gigi atas dasar indikasi medis yang jelas dari dokter gigi diFaskes 1 atau Faskes lanjutan (bukan permintaan sendiri).

Tambal gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan yaitu penambalan gigi atas dasar indikasi medis yang jelas dari dokter gigi, diantaranya:

  • Tumpatan GIC adalah tambal gigi menggunakan semen IC//Glass LonomerCement. Penambalan ini biasanya digunakan untuk anak-anak, dan untuk orang dewasa bersifat semi permanen.
  • Tumpatan Komposit. Tambal gigi komposit menggunakan bahan yang sewarna dengan gigi, yang terbuat dari resin komposit, proses pengerasan dengan sinar lightcure.

Perlu diperhatikan secara lanjut tentang prosedur BPJS, tidak semua rumah sakit dan rumah praktek dokter yang menerima tambal gigi ditanggung BPJS.

Apabila Instalasi rumah sakit dan rumah praktek dokter gigi menerima peserta BPJS, akan dipasang pemberitahuan bahwa instalasi tersebut menerima peserta BPJS.

Masalah lain yang muncul adalah pemungutan kembali biaya yang seharusnya tidak ditagih pada pasien, yang dilakukan oleh oknum dokter gigi.Baca Pengalaman Melahirkan Caesar Dengan BPJS

Semoga pemerintah lebih memperhatikan dan dapat menertibkan implementasi BPJS Kesehatan agar benar-benar bermanfaat bagi masyarakat terutama masyarakat yang memang membutuhkan dan mempunyai keuangan yang kurang memadai.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan seputar BPJS semoga bermanfaat.

Advertisements
error: